Indonesia dari kata Hindunaswa

Aku pernah mendengar, bahwa kata Indonesia, nama negara kita itu berasal dari dua kata, yaitu Hindu dan Naswa.

Kata Hindu sendiri bukan merujuk pada nama sebuah agama, tetapi lebih pada sebuah tempat. Dalam sebagian sejarah, Hindu diartikan sebagai India. Maka ketika Belanda menyebut Nusantara (Indonesia) disebut Hindia Timur atau Hindia kepulauan. Sebagai tempat bisa dirujukkan pada India ini. Namun bagi sebagian orang Hindu, kata Hindu tidak merujuk pada sebuah tempat tertentu, tetapi pada keterangan tentang pencapaian pengetahuan puncak seperti yang dicapai oleh Khrisna dan melahirkan Dharma. Dus, Hindu bisa dikatakan pencerahan, pengetahuan dan peradaban.

Kata Naswa, dapat diartikan semangat dan juga bisa diartikan sebagai tempat diantara dua sungai (laut). Kata Naswa adalah kata perempuan. Dengan demikian, Naswa bisa diartikan perempuan, semangat dan tempat diantara dua sungai.

Hindunaswa, dengan demikian dapat dikatakan sebagai tempat (diantara dua sungai/laut) yang mana menjadi ibu/perempuan dari sebuah pencerahan, pengetahuan dan peradaban. Singkat kata, Hindunaswa adalah tempat yang menjanjikan peradaban yang tinggi. Jadi, nama Indonesia diberikan dengan harapan seperti demikian.

Mungkin, itulah mengapa para sultan, raja di Nuswantara dahulu ketika Republik Indonesia akan berdiri, rela menyerahkan kedaulatannya buat negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s