“Barzanjy” Ala Jawa

Jika anda biasa membaca kitab Barzanjy, yang berisi sejarah dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. ternyata di Jawa juga ada yang demikian. Secara pribadi, saya baru menemukan ini, namanya SERAT PARAS. Dari namanya dapat diartikan KITAB/NASKAH WAJAH, ya paras Kanjeng Nabi Muhammad yang sedang diceritakan. Terdiri dari 7 Pupuh, yaitu Asmaradana, Sinom, Kinanthi, Sinom, Asmaradana, Kinanti, Dandhang Gulo. Susunan Pupuh ini sebenarnya menarik, karena menampilkan 4 jenis mocopat (semuanya kan ada 12). Jadi siklusnya Asmaradana, Sinom dan Kinanti kemudian diakhiri dengan Dhandanggulo. Seolah-olah penulis tidak menghendaki adanya siklus yang biasa dalam Macapat, ada Mijil = Lahir kemudian diakhiri tahapan Megatruh, Pocung dan Wirangrong. Sehingga kesannya adalah serat ini tidak menempatkan Kanjeng Nabi sebagai manusia yang meninggal dunia dan tidak berguna kemudian. Tetapi jauh lebih penting adalah mengenal keteladanan beliau dan meski sudah meninggal bagi kita hendaknya tetap menjadikan beliau teladan.

Maka, tembang Asmaradana sebagai wujud sukur kita dan memuji kepada Kanjeng Nabi. Sinom melambangkan bahwa Nabi akan tetap selau hidup bagi umatnya serta Kinanti, kelak kita nantikan syafaat beliau di akhirat. Itulah menurutku mengapa SERAT PARAS ini memilih empat jenis tembang dalam susunannya.

Pada Pupuh I, secara ringkas menceritakan asal-usul Nabi Muhammad dari Arab, yang mulia, dari keturunan mulia. Misalnya dalam bait ke-15 Pupuh I disebutkan :

Kang ibu namine singgih / Aminah nami ika[21] / kang rama ika westanya / abdulah asal wong Ngarab / anak puntune Nabi Adam / saturu turune iku / saking Nabi Ibrohim ika//

Pada Pupuh II digambarkan mengenai ciri-ciri fisik, tutur kata, suara, perilaku dan sebagainya dari beliau yang mengagumkan. Pupuh III, IV dan VI mengisahkan hubungannya dengan jibril serta dimuliakannya oleh para bidadari, serta meninggalnya. Pada pupuh VII ditutup dengan Kidung Rumekso Ing Wengi.

Dus SERAT PARAS ini adalah karya Kanjeng Sunan Kalijaga. Untuk lebih dalam dan mendalami, silakan dicari dan bertanya kepada Mbah Google. Selamat menikmati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s