PEREMPUAN DAN SEJARAH

Sejarah atau bahkan legenda tak jarang berpijak dari kisah seorang perempuan. Bagaimana kejayaan Inggris di bawah Ratu Elizabeth yang membangung armada lautnya begitu perkasa, meski tanah mereka tak seluas pulau Jawa. Demikian pula, Tri Buwana Tungga Dewi, ratu Majapahit yang sukses membangun fondasi kemiliteran berbasis armada laut demi kejayaan Hayam Wuruk dan Gajah Mada menyatukan Nuswantara.

Pagelaran kekuasaan raja-raja Jawa tak luput dari pengaruh wanita cantik Ken Dedes, seorang wanita misterius dari Panawijen Tumapel.  Padahal jauh sebelum itu tersebutlah Ratu Simha yang perkasa. Namun legendanya tak sehebat Ken Dedes. Asal-usul wanita Nariswari ini tidak begitu gamblang. Yang tersebut hanyalah dia adalah anak dari Mpu Purwa. Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan, Layakkah seorang Mpu/Rsi dari kalangan Brahmana mempunyai seorang anak? Dan siapa istri beliau? Ini tentu akan menghabiskan banyak energi untuk mengungkapnya.

Tunggul Ametung sebagai kuwu di Tumapel jatuh cinta kepadanya, dan langsung hendak menikahinya. Ken Dedes mengajukan permintaan, bahwa itu bisa dilaksanakan asal mendapat restu dari sang Mpu. Saat itu Mpu Purwa masih bertapa. Nafsu tak bisa dibendung, hasrat tak bisa dikendalikan, maka diculiklah Ken Dedes untuk diperistri. Kisah perkawinan model seperti ini mengingatkan pada sebuah kisah Mahabarata, dimana Barata terlahir dari proses pernikahan yang tidak beda jauh, yaitu Syakuntala yang dinikahi oleh Dhusmanta dengan cara gandharwa (pernikahan tanpa wali), karena Rsi Kanwa sebagai orang tuanya sedang bertapa. Dari merekalah Barata lahir dan kelak melahirkan keturunan para raja dan ksatria Hastinapura, juga kisah Mahabarata.

Ken Arok yang kemudian merebut tahta sekaligus Ken Dedes dari Tunggul Ametung diawali dengan tersingkapnya rahasia Ken Dedes di betisnya. Bisa jadi yang terlihat oleh Arok tidak hanya betis, namun ada tanda-tanda lain yang memberi isyarat bahwa dari rahim wanita dengan ciri-ciri itu kelak akan menurunkan raja-raja besar. Inilah yang kemudian menjadi alasan Ken Arok yang semula seorang Bromocorah merubah nasibnya. Banyak kemudian raja-raja di tanah Jawa muncul dari dua raja ini Tunggul Ametung dan Arok melalui rahim Ken Dedes, meski nanti bersatu pada diri Raden Wijaya pendiri Majapahit.

Sekali lagi, Ken Dedes tetaplah misterius. Tidak seperti Syakuntala yang diasuh oleh Rsi Kanwa yang ternyata adalah anak bidadari, yaitu Dewi Menaka yang menggoda pertapa Wiswamarita yang sangat sakti. Padahal tujuan godaannya adalah menggagalkan tapa, sebab jika berhasil tapanya kesakitan Wiswamarita bisa mengalahkan para dewa di kahyangan.

Lantas, apakah Ken Dedes juga memiliki misteri yang demikian seperti syakuntala? Atau anda punya kisah mengenai hal ini?

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s